mohon maaf jika halaman yang anda lihat di blog ini, tidak muncul gambar maupun foto di karenakan jasa penyimpanan foto di situs shareapic.net sudah tutup alias bangkrut .... kami sangat kecewa sebab hampir seluruh foto tentang obyek wisata ada di situs tersebut

pulau biawak

Selasa, 03 Agustus 2010


Pulau Biawak

Dinamakan Pulau Biawak karena di pulau ini banyak dijumpai satwa liar yang justru menjadi ciri khasnya, yakni biawak (Varanus salvator). Satwa ini tergolong unik karena hidup di habitat air asin. Setiap menjelang matahari terbenam, puluhan biawak dengan panjang antara 20 centimeter hingga 1,5 meter terlihat berenang di tepian pantai. Satwa-satwa itu memang tengah berburu ikan untuk kebutuhan makannya.

Selain disebut sebagai pulau Biawak, pulau ini juga disebut sebagai Pulau Menyawak dan Pulau Bompyis.

Pulau itu memiliki pesona wisata yang unik, karena karangnya yang masih 'perawan ' dan hidup. Di antara keempat pulau itu, hanya Pulau Biawak yang masih utuh dalam segalanya. Sedangkan tiga pulau lainnya hanya berupa hamparan pulau karang semata. Pulau Gosong, misalnya, kondisinya rusak karena jutaan meter kubik material karangnya diambil untuk pengurukan lokasi kilang minyak Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan.

Keberadaan pulau ini sangat berbahaya bagi alur pelayaran kapal-kapal laut yang melintas di kepulauan tersebut. Maka tak heran, bangsa Belanda semasa menjajah kepulauan Indonesia, mendirikan bangunan menara mercusuar. Mercusuar dengan ketinggian sekitar 65 meter itu dibangun oleh ZM Willem pada 1872. Hingga kini, bangunan itu masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas. Melihat usia bangunan tersebut, mercusuar itu diperkirakan seumur dengan mercusuar di [Pantai Anyer]].


Selain Pulau Biawak, kawasan ini juga menawarkan kecantikan Pulau Gosong dan Pulau Candikian. Pulau Gosong berjarak tempuh sekitar setengah jam dari Pulau Biawak. Pulau Candikian juga berjarak 30 menit dari Pulau Biawak. Berbeda dengan Pulau Biawak, kedua pulau ini tak berpenghuni. Bahkan, Pulau Gosong yang sebenarnya lebih luas dari Pulau Biawak hanya tersisa beberapa meter persegi. Pulau itu sering digunakan untuk bertapa dengan tujuan mencari kekayaan dan sejenisnya. Pulau ini "hilang" akibat pengerukan untuk pembangunan Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan Exor I sekitar tahun 1980-an.

Melihat potensi alamnya, kawasan ini bisa memuaskan para pemburu kenikmatan wisata. Pulau cantik itu saat ini benar-benar masih perawan. Untuk perjalanan sekitar empat jam dari Indramayu ke lokasi itu, misalnya, belum tersedia perahu khusus. Kalaupun menyewa, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp 750.000 untuk perahu nelayan berkapasitas sekitar sepuluh orang. Selain itu, juga belum ada dermaga yang memudahkan pengunjung mencapai bibir pantai saat air pasang. Selain itu, juga belum ada rumah-rumah peristirahatan yang bisa disewa wisatawan.





pemberangkatan dari dermaga karang song indramayu..


hampir 5 jam perjalanan..akhirnya terlihat pulau biawak





selamat datang di pulau biawak


peta pulau biawak


langsung ke pantai



komplek rumah di pulau biawak



bungalaw milik dinas kelautan



johan,,penjaga pulau dan pemilik perahu



teman teman jo..







mercusuar di lihat dari ujung dermaga






biawak...





pantai





salah satu pulau terindah..di pulau jawa


pulau komodonya indonesia ke 2














tangga menuju mercusuar...sangat tinggi












keunikan pulau biawak ..banyak terdapat binatang biawak


cantik sekali........


pasir putih


mercusuar berdiri kokoh




hijau...biru...


dari mercusuar



pulau biawak


pesona pulau biawak

7 komentar:

four dreams mengatakan...

wah mantep sob

majalengka mengatakan...

Mas Jo kalau bisa pake bahasa inggris atau campuran postingnya.. biar para bule pada ngerti.. bisa dijadikan refernsi buat mereka untuk berwisata ke indonesia.oiya kalau mau main ke rumah sms saja ada di menu About

fb mengatakan...

Wah bagus banget pemandangannya..

Ummiega mengatakan...

Mirip dengan pulau komodo, ya...

Ummiega mengatakan...

Nanti mas Johan mesti ketemu dengan Aa Cirebon, supaya postingan dalam bahasa inggris juga. Ini komoditi bagus buat orang luar.

Aby mengatakan...

waw waw..cantik indah keren
biawak itu kalo diliat2 mirip komodo ya sob

om rame mengatakan...

karangnya masih perawan, semoga penghuninya masih perawan semua. hehehe...

Poskan Komentar

 
 
 

bangunan bersejarah tua dan kuno

situs purbakala dan prasasti

fosil purbakala

sejarah seni budaya dll

fenomena alam

makam keramat

tempat keramat

keraton

gunung dan kawah

motor modifikasi

pulau dan pantai

air terjun dan curug

telaga dan waduk

sungai

goa